2021, Berkunjung ke Rusia akan Lebih Mudah

Bagi banyak WNI, mengurus visa sebelum keberangkatan sudah menjadi ‘makanan sehari-hari’ yang tidak selalu mudah prosesnya. Tidak hanya wajib mengumpulkan dokumen yang kadang segunung, ada pula waktu dan dana yang harus diinvestasikan. Hasilnya pun, tidak selalu memuaskan.

Saat ini, turis berpaspor (biasa) Republik Indonesia memang belum menikmati fasilitas bebas visa wisata ke Rusia. Di kawasan ASEAN, fasilitas tersebut hanya diberikan kepada turis berkewarganegaraan Thailand, Laos, dan Brunei Darussalam. WNI wajib mengumpulkan beberapa dokumen sebagai syarat mendapatkan visa Rusia, seperti formulir permohonan visa yang diisi secara lengkap, pas foto, visa support letter, serta bukti transportasi keluar-masuk Rusia.

Berdasarkan situs resmi Kedutaan Besar Federasi Rusia untuk Republik Indonesia, biaya pengurusan visa wisata sekali kedatangan (single entry) adalah USD 80 dengan masa proses 4 sampai 20 hari. Ada pula opsi express dan juga multiple entry.

Biaya pengurusan visa Rusia – Kedutaan Besar Federasi Rusia untuk RI)
(https://indonesia.mid.ru/web/ind/visa-untuk-rusia)

Kunjungan ke Rusia pada dasarnya sudah semakin mudah. Pasalnya, sejak tanggal 1 Juli 2019 ada 53 Negara yang mendapatkan fasilitas permohonan eVisa untuk satu kali perjalanan bisnis, kemanusiaan dan wisata dengan catatan destinasi yang dituju hanyalah Oblast Kaliningrad. Indonesia masuk dalam daftar tersebut. WNI yang ingin mendapatkan eVisa tersebut dapat mengakses situs resmi Kementerian Luar Negeri Federasi Rusia: http://electronic-visa.kdmid.ru. Adapun eVisa ini sifatnya gratis, dan wajib didapatkan paling tidak 4 hari sebelum tanggal kedatangan. Tidak banyak dokumen yang disyaratkan sebagaimana pengurusan visa pada umumnya.

E-visa berlaku selama 30 (tiga puluh) hari mulai dari tanggal masuk Federasi Rusia dan memberikan izin untuk berada di Rusia selama 8 (delapan) hari sejak tanggal masuk wilayah Rusia. Kunjungan ke kawasan lain di Rusia tidak diizinkan.

Per tanggal 1 Oktober 2019, kunjungan ke Rusia kian mudah. Pasalnya, Indonesia dan 52 negara lainnya mendapatkan fasilitas pengurusan visa secara online untuk kunjungan ke kota Saint Petersburg dan Oblast Leningrad. eVisa tersebut bisa didapat via situs resmi sebagaimana permohonan eVisa untuk Oblast Kaliningrad. Sifatnya pun sama, gratis dan minim dokumen persyaratan.

Tahun 2021, kunjungan ke Rusia akan semakin mudah lagi bagi wisatawan berpaspor (biasa) Republik Indonesia. Pemerintah Rusia kembali menyediakan fasilitas (unified) eVisa. Tapi, eVisa yang satu ini akan mengizinikan anda untuk mengunjungi seluruh wilayah Rusia, tidak hanya Oblast Kaliningrad, Oblast Leningrad, dan Saint Petersburg saja!

Berdasarkan publikasi yang dapat diakses via situs resmi Pemerintah Federasi Rusia, eVisa yang dikabarkan akan diterapkan di lapangan awal tahun 2021 akan mengizinkan anda untuk jalan-jalan di Rusia selama 16 hari. Disebut pula bahwa dokumen pendukung pengurusan visa, seperti surat undangan dan bukti akomodasi, tidak diperlukan! Adapun biaya yang dikenakan untuk mendapatkan eVisa ini adalah $40, tetapi gratis bagi anak di bawah umur 6 tahun.

Daftar negara penerima fasilitas unified eVisa ini dapat diakses via situs resmi Pemerintah Federasi Rusia (file berformat PDF) dan dalam bahasa Rusia.

Daftar negara penerima fasilitas unified eVisa Rusia.
Sumber: http://static.government.ru/media/files/c0ZDX0WaURdyvOidgFYSU5oDg61UC7QB.pdf (halaman ke-2 dari 3 halaman)

Kendati belum bebas visa seutuhnya, tetapi fasilitas unified eVisa ini akan sangat membantu wisatawan berkewarganegaraan Indonesia berpaspor biasa! Khususnya bagi teman-teman yang tidak punya banyak waktu luang untuk urus ini-itu. Kita tidak perlu ‘gopoh-gopoh’ mengumpulkan dokumen persyaratan dan tidak perlu juga ‘menginvestasikan’ waktu untuk hadir di pusat aplikasi visa untuk drop paspor dan dokumen persyaratan.

Bagi yang ingin berkunjung ke Rusia (ketika sudah tiba saatnya), silakan…!

Sumber:
1. http://government.ru/en/docs/40554/
2. https://indonesia.mid.ru/web/ind/visa-untuk-rusia
3. https://rg.ru/2020/07/21/gosduma-vvela-elektronnye-vizy-dlia-vezda-v-rf.html
4. http://static.government.ru/media/files/c0ZDX0WaURdyvOidgFYSU5oDg61UC7QB.pdf

-Ivan Tedjanegara & Eka Marta

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: