Virus Corona, Bebas Visa ke Jeju Ditangguhkan Termasuk untuk Wisatawan Indonesia

Berlaku mulai 4 Februari 2020, bebas visa ke Pulau Jeju ditangguhkan. Dilansir dari laman Korea Visa Application Center, keputusan oleh Kementerian Kehakiman Korea Selatan ini dibuat karena wabah virus corona. Wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Jeju dapat mengajukan visa ke Korea Visa Application Center (KVAC). Diketahui, selama ini berlaku bebas visa ke Pulau Jeju untuk kunjungan langsung tanpa melalui Korea Selatan terlebih dahulu. Selain aturan penangguhan bebas visa ke Pulau Jeju, ada pula kebijakan lain berkaitan dengan wabah virus corona ini. Semua warga negara asing yang baru berkunjung ataupun tinggal di Provinsi Hubei dalam kurun waktu 14 hari ke belakang dilarang untuk memasuki Korea Selatan, seperti dikutip laman overseas.mofa.go.kr.

Belum diketahui hingga kapan aturan ini akan berlaku. Sementara penangguhan bebas visa ke Pulau Jeju ini juga berlaku bagi wisatawan dari Indonesia. Irma Maulida selaku bagian Media dan Public Relations Korea Tourism Organisation mengatakan bahwa orang Indonesia memilih untuk berlibur ke Pulau Jeju karena para wisatawan yang tidak mau mengurus visa liburan ke Korea Selatan.

Sebab, jika ke Pulau Jeju melalui Korea Selatan, pengunjung harus tetap mengurus visa kunjungan walaupun hanya transit. Diketahui bahwa untuk masuk ke Pulau Jeju bisa dari Hong Kong ataupun Kuala Lumpur karena kedua negara ini pun menawarkan akses bebas visa bagi pemegang paspor Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Virus Corona, Bebas Visa ke Jeju Ditangguhkan Termasuk untuk Wisatawan Indonesia”, https://travel.kompas.com/read/2020/02/06/132000227/virus-corona-bebas-visa-ke-jeju-ditangguhkan-termasuk-untuk-wisatawan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: