‘Bonus Bebas Visa ke Taiwan’ dari Visa Waiver Jepang Kini Bersyarat

Ada sedikit perubahan pada kebijakan ‘bebas visa bersyarat’ yang diberikan oleh Pemerintah Taiwan kepada turis mancanegara, termasuk untuk turis asal Indonesia. Saat ini, WNI yang memiliki visa negara tertentu (seperti Amerika Serikat dan Jepang) diperkenankan untuk daftar diri secara online guna mendapatkan ‘Travel Authorization Certificate’. Dengan kata lain, WNI pemilik visa negara tertentu tersebut tidak perlu menyiapkan dokumen persyaratan visa pada umumnya, tidak perlu gopoh-gopoh menuju kantor Taipei Economic and Trade Office (TETO) untuk menyerahkan dokumen persyaratan tersebut.

‘Visa Waiver Jepang’, yang kian populer di kalangan WNI khususnya bagi mereka yang sudah memiliki paspor elektronik (ePaspor) bisa digunakan sebagai modal ‘bebas visa Taiwan’ tersebut. Silakan tengok artikel  berikut untuk penjelasan lebih jauh.

Tanggal 26 Juli 2019, ada sedikit perubahan yang berdampak  bagi WNI pemilik ‘Visa Waiver Jepang’. Secara gamblang, tertulis dalam poin nomor 2:

2. Pemegang Visa Jepang (Visa biasa maupun Visa Waiver) harus dapat menunjukkan riwayat kunjungan ke Jepang atau Tiket keberangkatan ke Jepang.

Dengan demikian, WNI yang ingin berkunjung ke Taiwan dengan memanfaatkan ‘Travel Authorization Certificate’ bermodal Visa Waiver Jepang harus mempersiapkan persyaratan tambahan yang sudah ditetapkan tersebut. Kebijakan tersebut berlaku sejak tanggal 1 Agustus 2019.

TETO announcement 2
Dikutip dari ‘FAQ Pengajuan Visa Online Taiwan bagi Warga Negara Asia Tenggara – perubahan per tanggal 24 Juli 2019’

Terkait tiket keberangkatan ke Jepang, tidak bisa sembarangan. Pasalnya, hanya visa Jepang yang telah diberikan cap ijin masuk Jepang atau tiket pesawat/kapal melanjutkan perjalanan ke Jepang yang bisa digunakan sebagai modal ‘bebas visa ke Taiwan’ tersebut. Untuk FAQ lebih lanjut, dapat diunduh melalui tautan berikut (dokumen dalam format PDF):  FAQ Pengajuan Visa Online Taiwan – Perubahan per tanggal 24 Juli 2019.

@BebasVisaID

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: