‘Visa Waiver Jepang’ untuk WNI, bonus ‘Bebas Visa Taiwan’

Jepang dan Taiwan sampai hari ini memang bukan Negara yang memberikan fasilitas bebas visa bagi turis asal Indonesia, tidak seperti Singapura dan Malaysia yang bebas visa 30 hari bagi WNI. Padahal, Jepang dan Taiwan di zaman ‘now’ ini menjadi destinasi wisata yang cukup laris manis di kalangan publik Indonesia.

Positifnya, pada tanggal 7 November 2014 Pemerintah Jepang memutuskan untuk menyediakan program khusus bagi WNI yang ingin berkunjung ke Jepang tanpa harus repot-repot menyediakan dana, waktu, dan tenaga untuk mengurus visa wisata Jepang.

MOFA Jepang
Pemberitahuan pada situs resmi Kementerian Luar Negeri Jepang tertanggal 7 November 2014. Sumber: https://www.mofa.go.jp/press/release/press4e_000498.html

Program khusus tersebut bernama ‘Certificate of Visa Waiver Registration’, yang berlaku hanya untuk WNI yang memiliki paspor elektronik, atau yang sehari-hari disapa dengan sapaan e-paspor atau paspor-el. Lalu bagaimana dengan WNI yang paspornya masih belum elektronik? Maaf, program tersebut tidak berlaku. ‘Visa Waiver Jepang’ ini kian populer setiap harinya di kalangan publik Indonesia. Tidak sedikit WNI yang memutuskan untuk memohon paspor elektronik, karena fasilitas yang tergolong unik ini. Hanya saja, sementara ini tidak ada Negara lain yang menerapkan fasilitas bebas visa terbatas selain Jepang.

wp-image-1500822541jpg
Tampilan sampul depan paspor elektronik Indonesia. Sumber: https://jendelakeluarga.com/2017/01/23/perbedaan-e-paspor-dan-paspor-biasa/

Apa sih ‘Visa Waiver Jepang’ itu?

Visa Waiver Jepang bagi WNI pemegang paspor elektronik adalah program khusus dari Pemerintah Jepang untuk WNI yang tidak ingin direpotkan persoalan visa. Kita harus mengisi formulir yang tersedia dalam situs resmi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, setelah itu kita harus menyerahkan paspor kepada Perwakilan Jepang di Indonesia beserta dengan formulir yang sudah kita isi tersebut. Tidak ada pungutan biaya. Registrasi ‘visa waiver’ tersebut akan dilekatkan pada halaman paspor kita dalam bentuk ‘sticker’.

Bentuk fisik registrasi bebas visa Jepang dalam halaman paspor Indonesia. Sumber: http://www.id.emb-japan.go.jp/info17_08_visawaiver.html

Proses registrasi bebas visa di Kedutaan Besar, Konsulat Jenderal dan Kantor Konsuler Jepang, pada dasarnya memerlukan waktu 2 (dua) hari kerja, sedangkan proses registrasi bebas visa di Japan Visa Application Center (JVAC) memerlukan waktu 5 (lima) hari kerja. Ada pungutan biaya sebesar Rp. 120.000,00 untuk proses pengurusan registrasi bebas visa melalui JVAC.

Registrasi bebas visa tersebut berlaku untuk maksimal 3 tahun, atau sampai paspor habis masa berlakunya (bila kurang dari 3 tahun). Kita bisa mengunjungi Jepang untuk durasi maksimal 15 hari selama berkali-kali selama ‘visa waiver’ yang kita  miliki masih berlaku. Lalu bagaimana apabila kita ingin berpetualang di Jepang selama lebih dari 15 hari? Kita wajib memohon visa sebagaimana pada umumnya.

Lalu apa hubungannya dengan bebas visa ke Taiwan?

Sayangnya, Taiwan belum memberikan fasilitas bebas visa kepada turis berkewarganegaraan Indonesia sampai hari ini. Tetapi, Taiwan pun juga memiliki program khusus bagi turis Indonesia yang ingin bebas visa untuk kunjungan wisata ke Negeri Formosa tersebut.

Taiwan visa registration
Sumber: https://www.roc-taiwan.org/my_en/post/2509.html

WNI yang sedang atau pernah memiliki visa beberapa Negara tertentu bisa mendapatkan ‘ROC Travel Authorization Certificate’ (Sertifikat Izin Kunjungan ke Taiwan) yang bisa didapat secara online. Mari kita sapa fasilitas tersebut dengan sapaan ‘registrasi bebas visa ke Taiwan’. Tidak sulit mendapatkan sertifikat online tersebut dan ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi:
1. Masa berlaku paspor adalah minimal 6 bulan sejak ketibaan di Taiwan.
2. Memiliki bukti perjalanan lanjutan dari Taiwan (seperti reservasi tiket pesawat).
3. Pemohon tidak pernah bekerja sebagai ‘blue collar worker’ di Taiwan.
4. Memiliki visa atau izin tinggal Negara tertentu. Adapun Negara yang dimaksud adalah: Australia, Kanada, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru, Negara anggota Schengen, Inggris, dan Amerika Serikat.
5. Visa atau izin tinggal Negara-Negara di atas yang sudah kadaluwarsa dalam kurun waktu 10 tahun terakhir juga bisa digunakan untuk fasilitas ini.
6. Melengkapi formulir yang bisa diakses pada situs resmi berikut:
https://niaspeedy.immigration.gov.tw/nia_southeast/

Travel2BAuthorization2BCertificate
Bentuk fisik registrasi bebas visa untuk kunjungan ke Taiwan. Sumber: http://www.sittirasuna.com/2016/02/taiwan-tanpa-visa-travel-authorization-certificate.html

Dengan mendapatkan registrasi bebas visa Taiwan tersebut, kita bisa berlibur di Taiwan selama maksimal 30 hari. Oh iya, registrasi bebas visa Taiwan ini berlaku untuk kunjungan berkali-kali (multiple entry) selama masih berlaku.

‘Visa Waiver Jepang’ pun diterima…

Selain itu, registrasi bebas visa ke Jepang yang sudah dibahas di bagian atas juga bisa digunakan sebagai modal untuk registrasi bebas visa ke Taiwan. Alhasil, banyak yang berpendapat bahwa pemegang paspor elektronik Indonesia, secara tidak langsung ‘sudah bebas visa ke Jepang dan Taiwan’. Satu hal yang harus digarisbawahi, registrasi bebas visa ke Taiwan tidak bisa digunakan untuk kunjungan ke Jepang. Namun, registrasi bebas visa Jepang bisa digunakan untuk kunjungan ke Taiwan asalkan kita registrasi melalui situs resmi yang telah disediakan terlebih dahulu.

Anda punya cerita dan petualangan unik saat mengurus visa wisata? Mari bagikan kisah tersebut melalui ‘Visa Story’.

 

Sumber:
1. http://www.id.emb-japan.go.jp/news14_30.html
2. https://jendelakeluarga.com/2017/01/23/perbedaan-e-paspor-dan-paspor-biasa/
3. https://www.mofa.go.jp/press/release/press4e_000498.html
4. http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_waiver2018.html
5. http://www.id.emb-japan.go.jp/info17_08_visawaiver.html
6. https://www.roc-taiwan.org/my_en/post/2509.html
7. http://www.sittirasuna.com/2016/02/taiwan-tanpa-visa-travel-authorization-certificate.html

@IvanRT05
@BebasVisaID

3 thoughts on “‘Visa Waiver Jepang’ untuk WNI, bonus ‘Bebas Visa Taiwan’

  • November 26, 2018 at 6:37 am
    Permalink

    Terima kasih banyak sharingnya. Saya sudah mendapatkan Visa Weiver dari Jepang dan juga pernah kesana. Dan dengan informasi ini saya juga pingin berkunjung ke Taiwan.

    Mau tanya:
    1. Pada artikel ini disebutkan bahwa salah satu syarat adalah “mempunyai bukti perjalanan lanjutan”. Gimana cara membuktikannya, karena di form ROC yang ditampilkan diatas tidak ada space untuk tiket dimaksud.
    2. Dimana kita menyampaikan bahwa kita sudah mendapatkan Visa Weiver dari Jepang?

    Terima kasih sebelumnya.

    Reply
    • December 30, 2018 at 10:07 pm
      Permalink

      1. Bukti perjalanan lanjutan di sini artinya bukti reservasi penerbangan keluar dari Taiwan Pak, salah satu hal yang sangat wajar sekali dipertanyakan oleh petugas imigrasi setempat sebelum kita diizinkan untuk masuk ke wilayah Negara asing. Dengan kata lain, kita harus siap sedia menunjukkan bukti ‘return ticket’ saat melalui tempat pemeriksaan imigrasi Taiwan. Memang pada formulir eVisa Taiwan tidak ada bagian yang menanyakan hal tersebut.

      2. Ada salah satu kolom yang menanyakan tentang visa apa yang menjadi modal kita untuk menggunakan fasilitas eVisa ‘bersyarat’ tersebut, juga akan ditanya mengenai nomor visa yang bersangkutan.

      Reply
  • Pingback:‘Bonus Bebas Visa ke Taiwan’ dari Visa Waiver Jepang Kini Bersyarat – BebasVisa.id

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: