Fasilitas Bebas Visa, VOA, dan e-Visa di Benua Amerika

Gambar di atas adalah properti dari MatadorNetwork

Siapa bilang tidak ada negara di benua Amerika yang memberikan fasilitas kemudahan visa bagi kita para WNI berpaspor biasa…!? Berikut adalah negara-negara di benua Amerika yang memberikan fasilitas bebas visa atau visa-on-arrival (visa saat kedatangan) atau visa elektronik bagi WNI pemegang paspor biasa:
Antigua dan Barbuda.
Informasi resmi mengenai tata cara permohonan visa Antigua dan Barbuda tersedia dalam website resmi imigrasi negara tersebut.
Tampilan halaman utama situs resmi keimigrasian Antigua dan Barbuda.
Ada 2 pilihan bagi kita para WNI untuk mendapatkan kemudahan masuk ke Antigua dan Barbuda. Pilihan pertama, Antigua dan Barbuda menerapkan sistem ‘visa negara ketiga’ bari WNI yang memiliki visa negara tertentu. Adapun negara yang dimaksud adalah: Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan negara-negara anggota Schengen. Ada beberapa syarat lain yang harus dipenuhi, seperti membayar biaya ‘visa saat kedatangan’ meskipun anda sudah memiliki visa negara ketiga yang masih berlaku:
Dikutip langsung dari situs resmi keimigrasian Antigua dan Barbuda.
Pilihan kedua, adalah dengan memanfaatkan fasilitas e-visa atau visa yang dapat diproses secara online. Sangat mudah bukan apabila anda tidak harus berkunjung ke perwakilan negara terkait untuk memohon visa. Anda hanya butuh jaringan internet dan broswer yang memadai. Pastinya, ada syarat dan ketentuan yang berlaku dalam memohon visa secara online ini. Si pemohon harus tetap melampirkan dokumen terkait, seperti: surat keterangan kerja, bukti reservasi tempat penginapan, dan lainnya.
Tampilan utama situs permohonan visa Antigua dan Barbuda secara online.

Chile/Chili (bebas visa), 90 hari.

Negara yang satu ini memiliki kebijakan bebas visa timbal balik dengan Indonesia. Warga negara kedua negara tidak butuh visa untuk kunjungan wisata.


Colombia/Kolombia (bebas visa), 90 hari.

Kendati tidak diberikan fasilitas bebas visa oleh pemerintah Republik Indonesia, pemerintah Kolombia menerapkan bebas visa kunjungan wisata untuk WNI.


Dominica/Dominika (visa on arrival), 21 hari.

Jangan sampai tertukar dengan Republik Dominika (Dominican Republic)! Negara dengan nama resmi ‘The Commonwealth of Dominica’ (Persemakmuran Dominika) ini memberikan fasilitas bebas visa untuk kunjungan wisata selama 21 hari, termasuk untuk turis asal Indonesia.

Ecuador/Ekuador (bebas visa), 90 hari.

Sama seperti Chile, negara yang satu ini juga memiliki perjanjian bebas visa dua arah dengan Republik Indonesia. WNI pemegang paspor biasa bebas visa kunjungan wisata ke Ekuador, maksimal 90 hari.

Guyana (bebas visa), 30 hari.

Kebijakan bebas visa dari pemerintah Guyana untuk pemegang paspor Indonesia bisa dibilang masih baru. Kira-kira pada bulan Mei tahun 2016, Guyana memberikan fasilitas bebas visa bagi turis asal Indonesia. Perlu dicatat, beberapa bulan sebelumnya pemerintah Indonesia terlebih dahulu membebaskan warga negara Guyana dari kewajiban wisata. Contoh ‘asas resiprositas’ yang dijunjung tinggi…!

Haiti , 3 bulan.

Meskipun laman Timatic menerangkan bahwa WNI mendapatkan fasilitas bebas visa untuk kunjungan wisata selama 3 bulan, halaman situs resmi Kedutaan Haiti di New York, AS menerangkan bahwa turis asing wajib membayarkan biaya sebesar 10 USD setibanya di airport.

Nicaragua/Nikaragua (visa on arrival), 90 hari.

Negara di kawasan Amerika bagian tengah ini menerapkan fasilitas visa saat kedatangan bagi WNI yang ingin datang bertamasya.

Peru (bebas visa), 183 hari.

Satu lagi negara di benua Amerika bagian selatan yang memiliki perjanjian bebas visa timbal balik dengan Indonesia. Peru memberikan fasilitas bebas visa bagi WNI yang ingin berlibur ke sana.

Saint Kitts and Nevis (elektronik visa).

Kendati tidak bebas visa, negara di Kepulauan Karibia bagian timur ini menyediakan layanan permohonan visa secara online. Berikut adalah tampilan dari situs yang dimaksud:

Tampilan awal situs permohonan visa St. Kitts & Nevis.
Apabila anda memilih ‘Request Visa’, maka halaman berikut yang akan muncul secara otomatis akan memuat formulir permohonan visa seperti yang tampil berikut:

Saint Vincent and the Grenadines (bebas visa), 1 bulan.

Hampir seluruh negara di dunia bisa berkunjung ke negara di wilayah Karibia bagian timur ini tanpa visa, termasuk Indonesia.

Suriname (visa-on-arrival)

Per 1 Maret 2016, negara yang juga bekas jajahan Belanda ini memberlakukan fasilitas visa saat kedatangan bagi WNI yang ingin berkunjung ke negara tersebut.

Wilayah Administrasi Khusus:

Bermuda (bebas visa)

Kendati statusnya yang masih merupakan wilayah ‘kekuasaan’ Inggris, Bermuda memberikan fasilitas bebas visa kepada WNI, untuk kunjungan maksimum 6 bulan sekali kedatangannya.

Montserrat (visa elektronik)

Negara yang juga merupakan ‘British Overseas Territory’ (Wilayah seberang laut Inggris) ini juga menerapkan layanan permohonan visa secara online.

 

Pitcairn Islands/Kepulauan Pitcairn (bebas visa).

Turis asing yang ingin berkunjung ke pulau yang juga masih merupakan wilayah seberang laut Inggris ini tidak perlu visa.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: