Benin Dikabarkan Beri Visa-on-Arrival bagi Turis Asing

Artikel terbitan TourMag.com (portal pariwisata digital berbahasa Prancis) menyebutkan bahwa pemerintah Benin akan menerapkan aturan visa-saat-ketibaan, atau yang lebih beken dikenal sebagai VOA alias visa-on-arrival, kepada turis asing yang ingin berkunjung ke negara di bagian barat benua Afrika tersebut. Intinya, turis asing tidak perlu repot mengurus visa melalui perwakilan Negara Benin setempat sebelum keberangkatan. Kebijakan tersebut akan dimulai pada tanggal 15 Maret 2018. Indonesia termasuk dalam daftar negara yang bisa menikmati fasilitas VOA Benin.

VOA tersebut dikabarkan berlaku untuk kunjungan maksimal selama 8 hari dengan biaya 15 EURO. Berdasarkan database Timatic, ada persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan VOA Benin:

timatic benin
“Penumpang yang berkunjung sebagai turis dapat memperoleh VOA untuk kunjungan maksimal 8 hari. Wajib memiliki sertifikat vaksinasi internasional”.

Kelihatannya, pemerintah Benin sedang giat mengembangkan sektor pariwisatanya. Sebelumnya, pemerintah Benin sudah menyediakan layanan permohonan visa secara online yang mulai diterapkan di lapangan pada awal tahun 2018.

benin evisa twitter
@BebasVisaID

VOA Benin memberikan kenaikan sebesar 1 poin bagi peringkat ‘kekuatan’ paspor Indonesia versi Passport Index. Kini, paspor Indonesia meraih poin sebesar 71, dari yang sebelumnya 70. Artikel terbitan Passport Index yang membahas VOA benin menyebutkan bahwa WN Afghanistan, Kolombia, Eritrea, Irak, Mauritania, Pakistan, Filipina, Sri Lanka, Sudan and Suriah wajib mendapatkan izin khusus dari otoritas imigrasi Benin sebelum keberangkatan.

Ada beberapa negara di benua Afrika yang belum lama ini melonggarkan kebijakan visa wisatanya bagi turis asing, termasuk kita-kita yang berasal dari Indonesia. Rwanda dan Gabon adalah contoh negara tersebut.

Sumber:
1. Bénin : le visa touriste à l’arrivée dès le 15 mars 2018.
2. Who’d ever think of visiting Benin.

@IvanRT05

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: