Januari – Oktober 2017, Negara-Negara ini Beri Kemudahan Visa untuk WNI

Tahun 2017 sudah sampai di penghujung akhir bulan Oktober. Artinya, hanya tersisa 2 bulan lagi sebelum pergantian tahun. Nah, sejauh ini, ada beberapa negara yang memberikan kemudahan visa bagi WNI yang memiliki paspor biasa. Kemudahan visa di sini, artinya entah itu bebas visa atau visa-on-arrival alias visa saat kedatangan. Apa saja negara yang dimaksud?
Empowered by infogram
Yuk kita tengok satu per satu negara-negara tersebut:
1. Belarusia.
Negara di benua Eropa bagian timur ini memberikan fasilitas bebas visa, saat pemerintah setempat meluluskan peraturan ‘obral bebas visa’ ke banyak negara, yang mana Indonesia ‘kecipratan’ berkahnya. Mohon dicatat, bebas visa untuk kunjungan ke Belarusia tidak berlaku dari dan ke Rusia yah…
2. Ukraina.
Ukraina adalah negara kedua di benua Eropa yang memberikan kemudahan visa bagi WNI. Meskipun tidak bebas visa, Ukraina memberikan fasilitas visa-on-arrival alias visa saat kedatangan yang bisa didapat asalkan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.
3. Mauritius.
Negara pulau yang terletak di Samudera Hindia ini memberikan fasilitas visa-on-arrival kepada WNI untuk kunjungan maksimum 60 hari.
4. Qatar.
Belum lama ini, dunia digemparkan oleh pemberitaan boikot Qatar oleh sejumlah negara. Maskapai asal Qatar tidak diperbolehkan berada di wilayah udara negara pemboikot tersebut. Tidak lama setelahnya, Qatar membuka pintunya lebar-lebar dengan menerapkan bebas visa ke banyak negara di dunia, dan Indonesia adalah salah satunya. Qatar adalah negara ketiga GCC (Perhimpunan Negara-negara Teluk) yang memberikan kemudahan visa bagi WNI. Oman sudah terlebih dahulu memberikan fasilitas VOA bagi WNI, sedangkan Bahrain memberikan fasilitas e-visa (visa elektronik) dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
5. Mali.
Mali me-resiprositas-kan fasilitas bebas visa bagi warga negaranya yang sudah terlebih dahulu diberi fasilitas bebas visa oleh pemerintah Republik Indonesia. 
6. Serbia.
Serbia adalah negara terakhir (sejauh ini) yang memberikan fasilitas bebas visa bagi WNI. Hanya saja, fasilitas bebas visa tersebut hanya berlaku untuk kunjungan maksimal 30 hari dalam kurun waktu setahun. Artinya, secara kumulatif, WNI bisa mengunjungi Serbia berkali-kali, asalkan total perjalanan di Serbia tidak lebih dari 30 hari. Kalau ada rencana lebih lama di Serbia, berarti si turis harus mengurus visa di perwakilan Serbia setempat.
-IRT- @freevisa4IDN

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: