Rumania Setuju Pembebasan Visa untuk Indonesia

Jumat, 25 September 2015, 22:55 WIB

Menlu Retno Marsudi memberikan keterangan pers terkait pembebasan dua WNI yang disandera kelompok bersenjata di Kantor Kemenlu, Jakarta, Jumat (18/9).

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK — Rumania dan Indonesia telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bebas visa untuk pemegang paspor diplomatik dan paspor dinas. Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno L. P Marsudi juga berharap agar warga negara Indonesia (WNI) dapat memperoleh fasilitas bebas visa dari Rumania. 
“Untuk itu, Menlu Rumania berjanji akan segera melakukan koordinasi dengan Kementerian lain di Rumania guna melihat kemungkinan hal tersebut,” katanya usai menemui Menlu Rumania, Bogdan Lucian Aurescu di sela-sela Majelis Umum PBB di New York, Kamis (24/9).
Di sisi lain, Indonesia juga telah menyampaikan upayanya untuk mendapatkan pengaturan bebas visa ke kawasan Visa Schengen. Pengaturan bebas tersebut diperuntukkan bagi WNI yang berkunjung ke sana. Dalam hal ini, Aurescu bersedia memberikan dukungan kepada Indonesia dalam pembahasan d Uni Eropa.
Sementara itu di bidang ekonomi, kedua Menlu sepakat menghidupkan kembali mekanisme konsultasi Komisi Ekonomi Bersama yang juga terbuka bagi sektor swasta kedua negara. Beberapa prioritas kerja sama yang dinilai memiliki potensi di antaranya dalam bidang maritim serta energi. 
Keduanya dikabarkan akan kembali bertemu di sela-sela Pertemuan Tingkat Menteri ASEM di Luxemburg pada November mendatang.
Seperti diketahui, hubungan perdagangan Indonesia-Rumania mencapai 152,93 juta dolar AS pada 2014 dengan surplus untuk Indonesia sebesar 79,37 juta dolar AS. Jumlah wisatawan Rumania yang datang ke Indonesia mecapai 7.802 orang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: