Indonesia dan Kuwait Siap Tandatangani Perjanjian Bebas Visa

Fajar Nugraha – 25 September 2015 11:56 WIB

Pertemuan Menlu Retno Marsudi dan Wakil PM Kuwait (Foto: Dok. Kemlu)

Metrotvnews.com, New York: Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi melanjutkan pertemuan bilateral di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat (AS).

Salah satu agenda yang dilakukan oleh Menlu Retno adalah pertemuan bilateral dengan Deputi Perdana Menteri Kuwait Sabah Al Khalid Al Sabah. Pertemuan di New York ini membahas beberapa isu.


Al Sabah yang juga menjabat sebagai Menlu Kuwait, menyambut baik kesepakatan kemitraan strategis dengan  Gulf Cooperation Council (GCC).


“Indonesia dan Kuwait juga siap menandatangani perjanjian bebas visa untuk kalangan diplomatik dan perjalanan dinas,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir, dalam keterangan yang diterima Metrotvnews.com,Jumat (25/9/2015).


Selain bersama dengan Kuwait, Menlu Retno juga melakukan pertemuan dengan kelompok negara berkembang, G77.


Dalam wadah Pertemuan Tahunan ke-39 G77, disebutkan pentingya kerja sama antara kelompok itu dengan Tiongkok.


“G77 dan Tiongkok harus tetap menjadi pendukung utama dari sistem pemerintah global yang sah dan dapat dipercaya,” sebut mantan Dubes RI untuk Belanda itu.


Selain itu, Menlu juga meminta G77 untuk menggunakan kekuatannya dalam mewakili kepentingan negara berkembang sebagai pendukung hubungan ekonomi dan sosial di negara selatan.

  

FJR

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: