Bebas Visa Diharap Serap 7 Juta Tenaga Kerja

Gervin Nathaniel Purba – 01 September 2015 18:22 WIB
Bebas visa diharapkan bisa meningkatkan penambahan tenaga kerja di sektor pariwisata. (ANTARA FOTO/Noveradika) 
Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Rizal Ramli memandang dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang datang dapat meningkatkan sektor pariwisata Indonesia.

Dirinya pun berharap, di masa mendatang, sektor pariwisata dapat menyerap lebih banyak tenaga kerja.

“Ditargetkan dapat meningkatkan tenaga kerja di sektor pariwisata sebanyak tujuh juta tenaga kerja. Saat ini jumlah tenaga kerja di sektor pariwisata baru mencapai tiga juta tenaga kerja,” ungkap Rizal Ramli saat ditemui di Gedung BPPT, Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Menurutnya, pariwisata merupakan sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja dengan nilai investasi yang relatif lebih sedikit dibandingkan dengan sektor lain.

“Jika dibandingkan dengan sektor lain, nilai investasi di sektor pariwisata hanya dibutuhkan sekitar USD3.000 dengan penyerapan devisa yang dapat mencapai USD20 miliar,” tambah Rizal.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menambahkan, ditambahnya 47 negara bebas visa, diharapkan dapat meningkatkan kunjungan jumlah wisatawan sebesar 20 persen atau setara 1,2 juta.

“Diharapkan dapat meningkat 20 persen atau setara 1,2 juta wisatawan dari Oktober tahun ini hingga Oktober tahun depan,” tambah Arief.
AHL

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: