RI intensif merayu Eropa agar bebaskan visa untuk WNI

Reporter : Mustiana Lestari | Jumat, 28 Agustus 2015 16:23

Visa Schengen. ©2015 Merdeka.com
Merdeka.com – Sudah sebulan lamanya Kementerian Luar Negeri (Kemlu) melakukan pendekatan intensif kepada negara-negara Eropa. Hal ini bertujuan agar WNI segera mendapat visa Schengen atau visa bebas di Uni Eropa.
Terakhir Kemlu menjalin kerja sama dan pendekatan dengan negara Eropa, Lithuania.
“Kami meminta dukungan mereka sebagai anggota Uni Eropa supaya kita bebas visa bagi WNI ke Eropa. Kemarin ditandatangani MoU struktur mekanisme bilateral,” kata Juru Bicara Kemlu RI Arrmanatha Nasir di kantornya, Jakarta, Jumat (29/8).
Sebelumnya Menlu Retno Marsudi telah menyampaikan keinginan tersebut kepada Wakil Presiden Komisi Eropa Frans Timmermans. Retno juga mengatakan ada beberapa alasan WNI pantas mendapat bisa tersebut.
Seperti Indonesia merupakan negara Asia Tenggara pertama yang memiliki perjanjian kemitraan dan kerja sama, serta perjanjian kehutanan dengan Uni Eropa, sekaligus merupakan ekonomi terbesar di Asia Dia juga menyampaikan bahwa tingkat penolakan aplikasi visa dari Indonesia juga sangat rendah, yakni 1,1 persen pada 2014 serta jumlah pelanggaran peraturan keimigrasian Uni Eropa oleh WNI pun sangat minim.
“Kemudian saya juga sampaikan data berapa rejection percentage dari aplikasi visa yang disampaikan ke kedutaan-kedutaan negara Schengen yang sangat kecil. Rejection rate-nya hanya sekitar satu persen,” ujar dia.
“Dengan semua data itu maka sudah sepantasnya WNI yang berkunjung untuk wisata ke negara-negara Schengen dapat memperoleh bebas visa,” lanjut Retno dikutip Antara.
[ard]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: