Kemlu Minta Rusia Bebaskan Visa untuk WNI

Victor Maulana
Jum’at,  28 Agustus 2015  −  17:33 WIB

Presiden RI, Jokowi, bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, beberapa waktu lalu | (Kremlin)

JAKARTA – Indonesia berharap Rusia dapat segera membebaskan visa kunjungan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin berkunjung ke Rusia. Sejauh ini Rusia baru memberikan pembebasan visa untuk kepentingan diplomatik dan dinas.


Juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Arrmanantha Nassir mengatakan, hal ini sudah diangkat dalam pertemuan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov di pertemuan ASEAN di Malaysia beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan itu, Retno telah menyampaikan kepada Lavrov bahwa Indonesia sudah memberlakukan bebas visa kepada warga Rusia.


“Dalam hal ini Menlu Rusia menyambut positif. Namun menurutnya, untuk Rusia pembebasan visa sedikit berbeda dengan Indonesia karena hal itu bisa diberikan oleh pihak eksekutif. Di sana ada mekanisme semacam treaty, oleh karena itu harus dibahas lebih lanjut, tidak secepat dan segampang yang dilakukan di Indonesia,” ucap Arrmanantha pada Jumat (28/8/2015).


“Memang dalam konteks pembebasan visa, salah satu pertimbangan negara biasanya respresentatif, dalam hal ini kita sudah berikan ke Rusia dan kita harap ini dorongan bagi Rusia untuk membebaskan visa bagi Indonesia,” sambungnya.


Sementara itu, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhael Y Galuzon, beberapa waktu mengatakan, pihaknya sejauh ini hanya bisa mempermudah pembuatan visa kepada kepada warga Indonesia. Menurutnya, salah satu alasan mengapa Rusia belum bisa memberikan bebas visa karena jumlah wisatawan Indonesia ke Rusia belum terlalu banyak.


(esn)
Sumber

One thought on “Kemlu Minta Rusia Bebaskan Visa untuk WNI

  • July 22, 2019 at 5:36 am
    Permalink

    Tindakan yang sangat bagus, mudahan itu akan berdampak baik ke masyarakat..
    Selain ke Rusia negara mana lagi?

    Reply

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: