6.236 WNA Dideportasi

Sabtu, 22 Agustus 2015 | 15:10 WIB
 

JOSS.TODAY – Sebanyak 6.236 Warga Negara Asing (WNA) dideportasi oleh Dirjen Imigrasi dengan lembaga terkait, selama 1 semester terhitung sejak Januari- Juni 2015. Para WNA masuk ke Indonesia melewati jalur resmi di Kantor Imigrasi dengan menggunakan paspor dan visa kunjungan. Namun begitu berada di Indonesia, para WNA melakukan kegiatan kerja tanpa izin resmi dari pemerintah maupun dari lembaga terkait.
 
Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F Sompie menyatakan, keberadaan WNA yang bekarja tanpa izin berpotensi merugikan Negara. Diantaranya dari sektor pendapatan devisa.
 
“Kita tidak mendapatkan devisa, malah yang keluar uang kita. Atas kerja sama dengan kepolisian setempat, kita lakukan deportasi. Kemudian kita serahkan kembali ke negara yang bersangkutan untuk diproses lebih lanjut oleh petugas penegakan hukum di negara masing-masing,” kata Ronny.
 
Dirjen Imigrasi akan terus memantau keberadaan pekerja asing di Indonesia, apakah mereka sudah sesuai prosedur atau belum. Tentunya hal itu dilakukan dengan kerjasama sejumlah lembaga terkait, seperti Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Pemerintahan Daerah, Badan Intelijen Negara, dan Polri dan lainnya.(far)
 
Berikut rincian WNA yang dideportasi:
1. Bangladesh: 1.072 orang
2. Myanmar: 756 orang
3. Republik Rakyat Tiongkok: 604 orang
4. Thailand: 180 orang
5. Vietnam: 159 orang
6. Malaysia: 125 orang
7. Kamboja: 96 orang
8. Negara lain (Eropa, Amerika, Australia dan Asia): 3.244 Orang

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: