Sabang Mulai Terbitkan Visa on Arrival

Kamis, 11 Juni 2015 15:45

SABANG – Kantor Imigrasi Sabang kini sudah bisa menerbitkan visa kunjungan saat kedatangan (VKSK) atau Visa on Arrival (VoA) bagi warga negera asing (WNA). Fasilitas itu didapat setelah terbitnya Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 3 Tahun 2015 Tentang Perubahan Keenam atas Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor M.HM-01.06 Tahun 2010 Tentang VKSK.
 
Hal ini disampaikan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sabang, Drs Imam Sutadi, kepada Serambi di ruang kerjanya, Rabu (10/6). Didampingi Kasie Wasdakim Muhammad Hatta, Imam mengatakan, selama ini WNA yang akan berkunjung ke Sabang, harus telebih dahulu mengajukan permohonan visa ke Kedubes RI atau di pelabuhan terdekat yang memiliki fasilitas VoA, salah satunya Pelabuhan Belawan, Medan.
 
Tapi setelah adanya fasilitas VoA di pelabuhan Sabang, WNA sudah bisa langsung ke Sabang. Ini merupakan salah satu terobosan Dirjen Imigrasidalam menjalankan fungsinya memberikan kebijakan dan kemudahan bidang keimigrasian, untuk mendukung perkembangan industri wisata bahari, dan jawaban atas banyaknya permintaan masyarakat agar pelabuhan laut Sabang dilengkapi fasilitas VoA.
 
Di samping itu, kebijakan ini merupakan tindak lanjut dari PP Nomor 83 Tahun 2010 Tentang Pelimpahan Kewenangan Pemerintah kepada Dewan Kawasan Sabang. “Selain Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, kini giliran pelabuhan laut Sabang yang pertama di Aceh mendapat fasilitas VoA,” katanya.
 
Dengan adanya layanan VoA ini, diharapkan akan semakin meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Sabang, sehingga dengan sendirinya akan meningkatkan roda perekonomian masyarakat. “Sejak Januari hingga akhir Mei 2015 tercatat sudah 4 kapal pesiar dan 11 kapal wisata bersandar di pelabuhan laut Sabang dengan membawa sekitar 2.156 WNA dari berbagai negara,” katanya.(az)
 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: