Free Visa Menunggu Tandatangan Menlu

Jumat, 27 Februari 2015 – 00:02

Menpar Arief Yahya. foto : nel/indopos

JAKARTA – Awal tahun ini, program Kementerian Pariwisata untuk free visa mulai memperlihatkan hasil positif. Empat dari lima negara target sudah saling setuju untuk membuat program bebas visa.
 
Ke empat negara yang sudah menyambut baik tersebut Rusia, Jepang, Korea Selatan, Tiongkok. Sementara Australia karena perbedaan sistem, masih terus dikaji. Hal itu diungkapkan Arief Yahya, Menteri Pariwisata dalam jumpa pers, di kantornya Kamis (26/2). 
 
“Kalau level antar menteri pariwisata untuk masing-masing negara sudah berjalan baik. Tapi untuk eksekusinya itu diranah Menteri Luar Negeri,” jelas Arief.
 
Bahkan khusus untuk Tiongkok, Arief Yahya mengaku ketemu langsung dengan menteri pariwisatanya. Sehingga, untuk realisasi bebas visa ke negara yang menjadi target utama Indonesia akan di mulai. Arief Yahya membidik 2 persen dari 100 juta wisatawan Tiongkok yang melakukan perjalanan ke seluruh dunia. Sehingga pasar potensial tersebut harus digarap dengan serius. 
 
“Bentuk pembicaraan dengan menteri pariwisata China itu ibarat kita sudah pacaran dan sudah bertunangaan. Tinggal ‎menunggu tanggal pernikahan, yaitu tandatangan kesepakatan antara Menlu kita dan Menlu masing-masing negara itu,” jelasnya. 
 
Arief Yahya mengatakan, dalam menunggu proses itu, sektor infrastrukturnya terus disiapkan. Dengan demikian, target kunjungan Kemenpar untuk mendatangkan 12 juta wisman ke dalam negeri bisa terlampaui. Terlebih semakin banyak destinasi dalam negeri yang perlu dikunjungi wisatawan mancanegara. Pengembangan destinasi baru seperti Tanjung Lesung yaang ditargetkan untuk menarik 1 juta wisman tahun ini 
 
“Tanjung Lesung itu menargetkan 1 juta wisman. Nilai investasi di sana Rp 150 triluin untuk 10 tahun kedepan. Beberapa hotel sudah terbangun,” terangnya. 
 
Lebih lanjut mantan Dirut Telkom tersebut menjabarkan, Tanjung Lesung memiliki daya tarik dari segi alam  40 persen,  lalu budaya 40 persen, sisanya, MICE dan ada juga tempat permainan di alam (outbound). (nel)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: